Rabu, 21 September 2011

BUAH PALA YANG BIASA KITA PAKAI UNTUK PENYEDAP MASAKAN





BUAH PALA YANG BIASA KITA PAKAI

UNTUK PENYEDAP MASAKAN



Segala puji bagi Allah, Rabb semesta alam. Shalawat dan salam kepada Rasullullah shallallahu alaihi wassalam, keluarga, para sahabat dan orang-orang yang mengikutinya hingga hari akhir.

Ini ada masalah tetang haram dan tidaknya biji pala yang ana ambil dari beberapa http biar kita semua lebih terjaga dalam hal halal dan haramnya.

Para pala spice adalah haram

Syaikh Muhammad bin Ibrahim Aal sebagai-Syaikh (rahimahullaah), mengutip penelitian ulama sebelumnya mengutip konsensus di antara empat mazhab pada melanggar hukum pala karena sifatnya memabukkan. Selanjutnya, Komite Tetap Untuk Riset dan Putusan dikutip Syaikh Muhammad (mengutip penelitian sebelumnya) dalam Fataawee mereka (v.22/pp.162-168), ditandatangani oleh Syaikh Ibnu Baz (presiden), Syaikh 'Abdur-Razzaaq' Afeefee ( wakil presiden), dan lain-lain, dan tanggal 1376/04/11.
Informasi di atas diberikan oleh Moosaa bin John Richardson.

Penelitian berikut ini untuk menetapkan bahwa pala memabukkan dan digunakan untuk digunakan rekreasi. Dengan demikian kami menyarankan agar Anda menghapus rak rempah-rempah Anda itu, dan memberitahu orang lain.

Abernethy MK, Becker LB. Bagian kedokteran Darurat, Rumah Sakit Universitas Chicago dan Klinik, IL 60637. Keracunan akut pala. Am J Med Pgl. September 1992; 10 (5) :429-30.

Pala merupakan rempah-rempah rumah tangga biasa kadang-kadang disalahgunakan untuk sifat halusinogen tersebut.

Penyalahgunaan ini baik dilaporkan dalam literatur medis selama abad terakhir. Menelan kurang dari satu sendok makan dapat menghasilkan gejala yang mirip dengan sebuah episode beracun antikolinergik. Keluhan umum adalah halusinasi menyajikan, palpitasi, dan perasaan malapetaka yang akan datang. Kami melaporkan kasus keracunan pala yang disengaja dalam mahasiswa 23 tahun. Sebagai tes laboratorium biasanya normal, diagnosis ini harus dipertimbangkan pada pasien dengan psikotik akut istirahat disertai dengan gejala menyerupai sebuah episode beracun antikolinergik.

Pengobatan terutama mendukung sekali lain kondisi yang mengancam jiwa telah dikesampingkan out.Mathias B. Forrester. Epidemiologi dan Penyakit Satuan Pengawasan, Texas Departemen Pelayanan kesehatan Negara, 1100 W Street 49, Austin, TX 78756. Pala keracunan di Texas, 1998-2004. Manusia & Experimental Toxicology, Vol. 24, No 11, 563-566 (2005).

Pala merupakan rempah-rempah yang mengandung minyak volatile terdiri dari alkil benzena derivatif (myristicin, elemicin, safrole, dll), terpene dan asam miristat. Pala memiliki sejarah panjang penyalahgunaan. Studi ini menggambarkan konsumsi pala panggilan yang diterima oleh pusat-pusat racun Texas 1998-2004.

Ada 17 panggilan yang melibatkan konsumsi pala, dimana 64,7% terlibat penyalahgunaan yang disengaja. Ketika pelecehan dan non-penyalahgunaan ingestions dibandingkan, ingestions pelecehan lebih mungkin untuk melibatkan laki-laki (100 vs 66,7%) dan remaja (55,6 vs 16,7%). Mayoritas kedua panggilan pelecehan dan non-penyalahgunaan yang dikelola di luar fasilitas kesehatan (54,5 dan 66,7%, masing-masing). Tak satu pun dari ingestions mengakibatkan lebih dari efek klinis moderat atau death.Demetriades AK, Wallman PD, McGuiness A, Gavalas MC. Departemen Kecelakaan dan Darurat, University College London Hospital, London WC1E 6AU, Inggris. Biaya rendah, risiko tinggi: disengaja pala keracunan. J. Med emerg 2005 Mar; 22 (3) :223-5.

Pala keracunan jarang terjadi tetapi mungkin tidak dilaporkan dan harus dipertimbangkan dalam pengguna narkoba rekreasi dengan gejala psikotik akut serta pusat sistem saraf neuromodulatory tanda-tanda yang mungkin meniru sebagian merupakan antikolinergik hyperstimulation.Sangalli SM, Chiang W. Hudson Valley Pusat Racun Daerah Phelps Memorial Rumah Sakit Pusat, Sleepy Hollow, New York 10595, USA. Toksikologi pala penyalahgunaan. J Clin Toxicol Toxicol. 2000; 38 (6) :671-8

LATAR BELAKANG: efek samping yang tidak menyenangkan dan menakutkan yang terkait dengan penyalahgunaan pala sesekali menghasilkan arahan gawat darurat. Kami melaporkan pertama kali pengalaman pasien muda dengan pala dan meninjau mekanisme toksisitasnya. LAPORAN KASUS: Seorang wanita 13 tahun tertelan 15-24 g pala selama periode 3 jam dan merokok dan berbagi 2 sendi ganja.

Untuk memfasilitasi pencernaan, pala itu dimasukkan ke dalam kapsul gelatin 00-000. Perilaku aneh dan visual, pendengaran, dan halusinasi taktil dikembangkan. Dia juga mengalami mual, tersedak, sensasi panas / dingin, dan penglihatan kabur diikuti dengan mati rasa, ganda, dan "tiga" visi, sakit kepala, dan mengantuk. Nistagmus, kelemahan otot, dan ataksia hadir. Tanda-tanda vital dan tes laboratorium normal. Dia menerima 50 g arang aktif dan kecuali keluhan pusing dan perubahan visual, 2 hari masuk nya lancar. Aktivitas sistem saraf pusat pala sering didalilkan hasil dari biotransformasi komponen kimia untuk amfetamin seperti senyawa, tapi ini belum terbukti. Pala mengandung beberapa senyawa dengan kesamaan struktural dengan zat dikenal sistem saraf pusat neuromodulatory activity.Pytte M, Rygnestad T.

Pala - lebih dari rempah-rempah. Tidsskr juga Laegeforen. 1998 November 20; 118 (28) :4346-7.

Pala adalah rempah-rempah mudah didapat yang telah banyak digunakan dalam negeri selama berabad-abad karena efek psikotropika nya. Beberapa kasus keracunan pala, termasuk satu kematian, telah diterbitkan. Bahan aktif minyak volatile di mana myristicin dan elemicin dianggap konstituen yang paling penting. Ini memiliki sifat antikolinergik dan psikotropika dan dimetabolisme menjadi senyawa yang mirip dengan amfetamin. Kami menyajikan kasus pertama yang dilaporkan keracunan pala di Norway.And kemudian beberapa makalah penelitian lain membangun sama. Sifat memabukkan pala sepenuhnya didirikan.

Anda telah diperingatkan!

Syaikh Ibrahim bin Muhammad Aal ash-Shaykh

Biografi ini diperoleh dari: http://www.fatwa-online.com/

Dia Abdur-Rahman Abdul-Latif Abu 'Abdul-'Azeez Ibrahim bin Muhammad bin Ibrahim Ibnu' Ibnu 'Ibnu Hasan Aal ash-Shaykh.

Ia lahir di Riyadh pada tanggal 17 Muharram di tahun 1311 Masehi AH/1890

Ia dibesarkan di lingkungan yang benar di Riyadh, di bawah bimbingan ayahnya, Syaikh Ibrahim bin 'Abdul-Latif. Syaikh Muhammad Ibnu Ibrahim, menyelesaikan hafalan Al-Qur'an pada usia 11 tahun. Dia kehilangan penglihatan ketika ia berusia 16 tahun. Namun ini tidak menghalangi tekadnya (mencari pengetahuan), bukan, ia terus menghadiri ceramah para ulama di zamannya.

Ia belajar dengan ayahnya dan pamannya, Syaikh 'Abdullah Ibn' Abdul-Latif, yang adalah seorang sarjana terkenal di masanya, di Najd. Sementara di perusahaan ayahnya dan pamannya, ia hafal beberapa teks dalam UU Islami dan bahasa Arab. Dia juga belajar fiqh dan Mustalah Al-hadits (ilmu hadits) dengan Syaikh Sa'ad Ibnu Ateeq ', dan mempelajari berbagai aspek dari bahasa Arab dari Syaikh Ibnu Hamad Faaris.

Dia melakukan beberapa janji pemerintah, selain upaya dalam mengajar, melewati fatwa dan memberikan khutbah, seperti Kepala Lembaga Akademik, Kepala Kehakiman, Pengawas dari Universitas Islam Madinah, di al-Madinah An-Nabawiyyah, Kepala Lembaga Akademik untuk anak perempuan, dan lainnya (seperti) posisi.

Beberapa ulama senior lulus dari memiliki belajar dengan dia, di antara mereka: Syaikh Abdullah Ibnu Humaid, Syaikh 'Abdul-'Azeez Ibnu Baz dan Syaikh Ubaid Sulaiman Ibnu', dan selain mereka.

Syaikh Muhammad bin Ibrahim meninggal pada hari Rabu 24 Ramadhan 1389 AH/1968 M pada usia 78 tahun.

Dia meninggalkan sebuah koleksi besar Fatawa dan risalah yang telah dicetak dalam beberapa buku dan jurnal.

ambil dari :http://translate.google.co.id/translate?hl=id&langpair=en|id&u=http://waajiahtulislaamiyyah.blogspot.com/2010/03/spice-nutmeg-is-haraam-unlawful.html






Pertanyaan:
Apa hukumnya menempatkan pala di makanan? Apakah boleh untuk menjualnya di toko-toko parfum atau tidak? Atau haram makan dan menjualnya, seperti khamr (alkohol)?.

Jawaban:
Segala puji bagi Allah.

Pohon pala telah dikenal sejak zaman kuno, dan buah-buahan yang telah digunakan sebagai semacam rempah-rempah yang memberikan makanan berbau harum dan rasanya yang lezat. Orang Mesir kuno digunakan sebagai obat untuk penyakit perut dan mengusir angin.

Pohon pala mencapai ketinggian sekitar sepuluh meter, dan ini merupakan cemara. Ini beruang buah yang menyerupai buah pir. Ketika mereka matang, buah-buahan menjadi terbungkus dalam cangkang keras, dan inilah buah yang dikenal sebagai pala. Hal ini dibudidayakan di daerah khatulistiwa, India, Indonesia dan Srilanka [Sri Lanka].

Efeknya seperti ganja. Jika dikonsumsi dalam jumlah besar, seseorang akan mendapatkan dering di telinga, sembelit parah, kesulitan buang air kecil, kecemasan, stres, penekanan sistem saraf pusat dan mungkin kematian.

Berkenaan dengan aturan di atasnya, ulama berbeda dan ada dua pendapat.

Mayoritas ulama berpandangan bahwa adalah haram untuk menggunakannya dalam jumlah kecil dan besar. Lain dari pandangan bahwa diizinkan untuk menggunakan sedikit itu jika dicampur dengan zat lainnya.

Ibnu Hajar al-Haytami (w. 974 H) berkata tentang pala:

Ketika ada perselisihan tentang itu di antara para ulama Haramayn dan Mesir, dan ada perbedaan pendapat apakah itu halal atau haram, pertanyaan ini muncul: Apakah salah satu imam atau negara pengikut mereka bahwa itu adalah haram untuk dimakan pala?

Untuk meringkas jawaban - sebagaimana dinyatakan dengan jelas oleh Syaikh al-Islam Ibnu Daqeeq al-Idul Fitri - itu adalah sebuah memabukkan. Ibn al-'Imaad pergi ganja lebih lanjut dan dianggap sebanding dengan itu. Para Maalikis, Shaafa'is dan pengikut Hanbali sepakat bahwa itu adalah memabukkan dan datang di bawah teks umum: Hanafi adalah dari pandangan bahwa itu adalah baik sebagai memabukkan atau narkoba, "memabukkan Setiap khamr dan khamr semua adalah haram." salah satu yang mempengaruhi pikiran, sehingga haram dalam kedua kasus. End quote.

Lihat: al-Zawaajir 'suatu Iqtiraab al-Kabaa'ir (1 / 212) dan al-Mukhaddiraat oleh Muhammad' Abd al-Maqsood (hal. 90).

Selama konferensi kedelapan medis fiqih - "Pandangan Islam tentang Beberapa Masalah Kesehatan - Haraam dan Impure Zat dalam Makanan dan Kedokteran" - yang diadakan di Kuwait antara 22-24 Dhu'l-Hijjah 1415 H (22-24 Mei 1995) , mereka berkata:

Zat narkotika diharamkan, dan tidak diizinkan untuk mengkonsumsinya kecuali jika itu adalah untuk tujuan medis tertentu, dan dalam jumlah tertentu oleh dokter, tetapi mereka murni (hukumnya) dalam dan dari diri mereka sendiri.

Ada yang salah dengan menggunakan pala untuk meningkatkan rasa makanan, dalam jumlah kecil yang tidak menyebabkan kelesuan atau intoksikasi apa-apa.

Syaikh Dr Wahbat al-Zuhayli mengatakan:

Tidak ada alasan mengapa sejumlah kecil pala tidak boleh digunakan untuk meningkatkan rasa makanan, kue dan sejenisnya, tapi dalam jumlah besar hukumnya haram, karena itu adalah narkotika.

Tetapi untuk berada pada sisi yang aman kita harus mengatakan bahwa itu tidak diperbolehkan bahkan jika dicampur dengan hal-hal lain dan hanya ada sejumlah kecil dari itu, karena "yang meracuni dalam jumlah besar, sejumlah kecil dari itu adalah haram. "

Perlu dicatat bahwa dilarang untuk mengimpor pala - baik biji dan bubuk - ke Tanah Dua Masjid Suci (yakni, Arab Saudi) dan hanya diperbolehkan untuk mengimpor ketika itu dicampur dengan rempah-rempah lain dalam proporsi yang diizinkan, yang tidak lebih dari 20%.

Dan Allah tahu yang terbaik.

Islam Q & A

Quote:

Dijawab oleh Departemen Penelitian fatwa Komite - diketuai oleh Sheikh `Abd al-Wahhab al-Turayrî

Sehubungan dengan dipanggang dan bahan makanan di pasar yang sudah mengandung pala, mereka diijinkan karena tidak ada jalan bagi barang-barang untuk menyebabkan keracunan, bahkan jika dikonsumsi dalam jumlah besar. Pala bukan zat yang tidak murni dalam kondisi apapun, sehingga masalah kenajisan bahkan tidak muncul. Oleh karena itu, seorang muslim tentu bisa makan makanan yang memiliki sedikit pala sudah di dalamnya.

Seperti untuk menggunakan pala diri sendiri - hal ini tergantung pada apakah kita menganggapnya sebagai memabukkan sebanding dengan anggur dan ganja.

Dr Ira Shafran dari Ohio Rumah Sakit Universitas Negeri mengatakan berikut tentang pala:
Sangat menarik bahwa pala pertama kali diperkenalkan ke Eropa pada awal abad ke-12 dan laporan kasus pertama dari keracunan didokumentasikan muncul pada abad 16 akhir. Kompleks gejala keracunan pala telah dilukiskan dengan baik oleh beberapa penulis dalam literatur sebelumnya. Episode ini biasanya terjadi 3-6 jam setelah konsumsi dari 5 sampai 15 g rempah-rempah pala parut (setara dengan sekitar 1 sampai 2 sendok makan) dan termasuk takikardia, kemerahan kulit, air liur tidak ada dan pusat-sistem saraf eksitasi, termasuk halusinasi, delusi, agitasi, ketakutan dan, jarang, psikosis terbuka. Fitur-fitur mencolok menyerupai tanda-tanda keracunan atropin klasik, petunjuk diferensial menjadi penyempitan murid yang terlihat di awal mabuk pala sebagai lawan dari murid keluar terlihat di belladonna overdosis. Ini pusat-sistem saraf efek mungkin berhubungan dengan kesamaan struktural antagonis serotonin lain yang dikenal memiliki potensi halusinogen.
Efek dari jumlah yang cukup memakan pala untuk membawa pada keadaan mabuk sama dengan ganja - biasanya setidaknya tiga biji keseluruhan - sangat sangat tidak menyenangkan itu umumnya tidak digunakan sebagai sarana keracunan. Efek ini meliputi hot flashes, mual, muntah, haus parah, kecemasan, imobilisasi, dan kadang-kadang pingsan. Ini adalah salah satu alasan mengapa hal ini tidak illegalized oleh hukum di banyak negara.

Ketidakpraktisannya parah menggunakan pala sebagai memabukkan itu mungkin menjelaskan mengapa sejumlah sarjana Islam klasik yang, sementara mengakui potensi memabukkan pala, masih diperbolehkan penggunaan dalam jumlah kecil.

Para sarjana ini termasuk Ibnu Farhûn dan ahli hukum Maliki lainnya. [Mawâhib Al-Jalil (1 / 90)]

Mereka juga termasuk Shafi `i al-Ramli ahli hukum, yang menyatakan:". Hal ini dibolehkan untuk menggunakan sedikit, tetapi melanggar hukum untuk menggunakan banyak "[Fatawa Al-Ramli (4 / 71)]

Kita dapat menyimpulkan sebagai berikut:

  1. Penggunaan pala dengan tujuan menghasilkan efek memabukkan tidak diragukan lagi dilarang. Ini akan mencakup penyalahgunaan pala untuk tujuan apapun - termasuk konsumsi langsung dari jumlah yang cukup murni pala.
  2. Pembelian, penjualan dan konsumsi produk makanan di pasar mengandung sedikit pala halal, karena produk-produk makanan seperti diri mereka sendiri tidak memiliki potensi untuk memabukkan bahkan jika dikonsumsi dalam jumlah besar.
  3. Pembelian, penjualan, dan penggunaan murni pala di kalangan umat Islam sebagai bumbu untuk makanan dan minuman adalah pertanyaan yang waran penyelidikan lebih lanjut. Ini tetap menjadi titik pertikaian di kalangan sarjana. Itu tergantung pada apakah pala harus dianggap benar sebagai memabukkan dari sudut pandang hukum Islam. Dapat dikatakan bahwa penggunaan pala sebagai memabukkan adalah sangat tidak praktis karena efek samping yang berat, bahwa penjualan dan digunakan oleh Muslim untuk memasak bisa dianggap sebagai sah.
Dan Allah tahu yang terbaik.

diambil dari : http://translate.google.co.id/translate?hl=id&langpair=en|id&u=http://forums.alkauthar.org/showthread.php%3Ft%3D3508



Pala Membuat Wanita Hot, Membuat Mereka Ingin Tari dan Memberi Mereka Mata Lunak

Di Zanzibar wanita menggunakan pala bukan alkohol untuk mendapatkan dalam mood. Itu hukum di bawah hukum Islam dan menurut penelitian ilmiah bekerja.

wanita-wanita ini jadi seperti orang yang mabuk menari dan berjoket dan seterusnya.....
diambil dari : http://translate.google.co.id/translate?hl=id&langpair=en|id&u=http://www.goodnewsgood.com/2010/11/nutmeg-makes-women-hot-makes-them-want.html







"Bahaya Pala"
Ditulis oleh Billy & diedit oleh Le Kritik

Pala adalah racun deliriant yang tidak menghasilkan efek yang diinginkan dalam tubuh manusia. Gunakan pala sebagai bumbu untuk menambah rasa pada makanan, tetapi menggunakannya di moderasi dan menghindari menempatkan terlalu banyak dalam minuman atau makanan Anda. Jumlah yang berlebihan akan menyebabkan pala perjalanan ke ruang gawat darurat rumah sakit! Pala dapat digunakan hemat sebagai bumbu dalam jumlah yang sangat kecil. Saya ulangi - JANGAN GUNAKAN UNTUK SETIAP TUJUAN PALA LAIN SELAIN UNTUK menambahkan rasa UNTUK MAKANAN ATAU MINUMAN, dan kemudian, hanya dalam jumlah kecil!

Pala sekali rempah-rempah langka dan mahal di seluruh Eropa pada abad 16. Itu bahkan tampil di bendera nasional Grenada. Pada waktu itu, diduga memiliki keperluan medis. Cina, Malaysia dan Inggris digunakan dengan baik ke abad ke-20 dalam usaha sia-sia untuk menyembuhkan gangguan kurang dipahami berbagai. Laporan pertama dari apa yang disebut pala tinggi tercatat sejauh 1692. Dukun mengklaim bisa membersihkan pikiran, meningkatkan mood, dan membuat jantung Anda kuat. Cepat-forwarding untuk tahun 1940, para tahanan mulai mencari tinggi yang disebut off pala karena legalitas. Malcolm X menulis dalam otobiografinya dari Penjara Negara Charlestown bahwa laki-laki perdagangan uang dan rokok hanya untuk sejumlah kecil pala. Akhirnya rempah-rempah itu dilarang dari penjara, tetapi otobiografi populer Malcolm X dikatakan telah memicu penggunaannya sebagai obat di seluruh Amerika Serikat.

Meskipun kepercayaan populer, efek samping pala telah dikenal selama bertahun-tahun. Yang disebut pala tinggi disebabkan oleh minyak atsiri beracun yang disebut Myristicin yang dapat ditemukan dalam kacang keseluruhan. Yang tinggi pengalaman dari pala kelebihan mengkonsumsi tidak lebih dari tubuh menanggapi senyawa beracun berbahaya. Racun yang sama bahkan lebih menyengat dalam minyak pala. Selain Myristicin, pala juga mengandung senyawa safrole berbahaya, karsinogen (agen penyebab kanker) yang merusak hati. Efek overdosis tidak seketika, namun memerlukan waktu sekitar 4 sampai 5 jam untuk menendang masuk Ini adalah masalah besar dalam masyarakat dilatih untuk kepuasan instan karena pengguna naif sering meningkatkan dosis mereka selama periode ini lebih cepat penyangga untuk mendapatkan tinggi.

Ketika efek akhirnya melakukan tendangan dalam, mereka tidak apa yang diharapkan pengguna. Alih-alih tinggi, menyenangkan-jenis ganja, pengguna menderita oleh kapas, diare mulut dan muntah. Yang disebut "pala tinggi" menyerupai kasus yang parah flu lebih dari apa pun. Pengguna menderita efek samping dari buah pala tinggi untuk total 36-48 jam. Daftar lengkap dari efek samping pala meliputi:
  • Demam
  • Palpitasi
  • Halusinasi
  • Mual
  • Mulut kering dikombinasikan dengan rasa haus yang berlebihan
  • Kejang abdomen
  • Kejang
  • Pusing
  • Nyeri Tubuh
  • Dehidrasi
  • Sembelit
  • Insomnia
  • Iritasi kulit
  • Kurangnya keterampilan energi dan motor
  • Bicara cadel dan penarikan sosial
  • Kejang
  • Kerusakan hati
Sebuah 8-tahun bahkan pergi ke dalam koma dan kemudian meninggal setelah menelan hanya 2 pala secara keseluruhan.
Antara 1996 dan 1998, tujuh keracunan telah dicatat oleh Pusat Informasi Poison Erfurt berkaitan dengan overdosis pala. Pesan ini jelas. Jangan menggunakan buah pala untuk non-kuliner tujuan. Bahkan tidak mempertimbangkan itu!
Sebuah majalah makanan Swedia sengaja menerbitkan sebuah kesalahan ketik dalam salah satu resep mereka yang mengakibatkan 4 rawat inap. Alih-alih penerbitan "2 mencubit pala" di bagian bahan, penulis keliru menulis "20 kacang secara utuh." Beberapa orang yang menyadari potensi bahaya dari pala dan tidak cukup berpengalaman dalam seni kuliner untuk mengakui ini sebagai jumlah yang berlebihan mengikuti resep untuk surat itu, sehingga dalam keadaan sakit. Episode ini disayangkan dapat berfungsi untuk meningkatkan kesadaran akan bahaya yang disebut pala tinggi.
Mendengus, merokok, atau mengkonsumsi sejumlah besar pala untuk mendapatkan tinggi adalah persis seperti terengah lem atau bensin. Jangan pernah bereksperimen dengan pala. Orang tua harus berbicara dengan anak-anak mereka tidak hanya tentang bahaya obat-obatan, tapi tentang potensi bahaya dari barang sehari-hari ditemukan di dapur, seluruh rumah tangga, dan di dunia kita.

Konten ini disediakan oleh http://nutmeghigh.com , situs yang didedikasikan untuk menginformasikan kepada masyarakat tentang bahaya yang disebut pala tinggi .

diambil dari : http://translate.google.co.id/translate?hl=id&langpair=en|id&u=http://www.truthtree.com/Nutmeg.shtml

Tidak ada komentar:

Posting Komentar