Dari Ali bin Abi Tholib Radhiyallohu'anhu Rosulullah Sholallohu'alaihi wasallam dalam salah satu do'anya beliau mengucapkan :
اَلَّهُمَّ ا هْدِ نِيْ لِأَ حْسَنِ الأَ خْلاَ قِ، فَاِ نّهُ لاَ يَهْدِ يْ لِأَ حْسَنِهَا اِلاَّ أَنْت،
وَاصْرِفْ عَنِّيْ سَيِّئَهَا لَا يَسْرِفُ عَنِّىْ سَيِّئَهَا اِلَّا اَنْت
"Ya Alloh... tunjukanlah aku pada akhlak yang paling baik, karena tidak ada yang bisa menunjukannya selain engkau. Ya Alloh... Jauhkanlah aku dari akhlak yang tidak baik, karena tidak ada yang mampu menjauhkannya dariku selain engkau".
(HR. Muslim 771, Abu Dawud 760, Tirmidzi 3419)
Beberapa Faedah
Akhlak menurut bahasa artinya karakter, perilaku dan budi pekerti. Sedangkan menurut istilah, akhlak mulia adalah menghiasi diri dengan kebaikan dan menahan diri dari kejelekan. Dan kebaikan sendiri harus sesuai dengan Al-Qur'an dan As-Sunnah.
Hadits ini menunjukan bahwa Nabi Muhammad [I]Sholallohu'alaihi wasallam sebagai suri tauladan bagi seluruh umat ini mempunyai karakter dan budi pekerti Robbani yang agung. Alloh 'azzawajalla berfirman:
Dan Sesungguhnya kamu benar-benar berbudi pekerti yang agung. (Al-Qolam:4)
Diantara keutamaan akhlak mulia adalah sebagaimana disebutkan oleh Rasulullah Sholallohu'alaihi wasallam dalam sabda beliau:
مَا مِنْ شَئٍ اَثْقَلَ فِىْ مِيْزَانِ الْمُؤْمِنِيْنَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ مِنْ حُسْنِ الْخُلُقِ وَاِنَّ اللهَ يُبْغِضُ الْفَاحِشَ الْبَذِيَ
"Tidak ada yang lebih berat timbangan orang yang beriman pada hari kiamat dibandingkan akhlak mulia. Dan sesungguhnya Alloh membenci orang yang berbuat jelek dalam bicara"
(HR. At-Tirmidzi:2002, Ahmad:6/451, dan dishohihkan Al-Bani dalam Ash-Shohiihah 876)
Berkata syaikh Sholih bin Thoha Abdul Wahid 1) : Diantara Islam memerintahkan Akhlak mulia adalah:
- Ahlak mulia bisa menjadikan seseorang kekasih Alloh. Dengan demikian, jika dia berdo'a niscaya dikabulkan doa'nya dan tidak mendapatkan azab.
- Akhlak mulia bisa menambah berat timbangan amal pada hari kiamat kelak
- Akhlak mulia sebagai jalan menuju surga.
- Akhlak mulia dapat meninggikan derajat seseorang di surga.
- Akhlak mulia dapat menjadikannya teman dekat Rasulullah Sholallohu'alaihi wasallam pada hari kiamat.
- Akhlak mulia bias menjadikan pelakunya termasuk orang-orang mukmin yang paling mulia.
Akhlaq Mulia Antara Sifat Alami Dan Usaha
Sebagaimana akhlaq merupakan sebuah tabiat atau ketetapan asli, akhlaq juga bisa diperoleh atau diupayakan dengan jalan berusaha. Maksudnya, bahwa seorang manusia sebagaimana telah ditetapkan padanya akhlaq yang baik dan bagus, sesungguhnya memungkinkan juga baginya untuk berperilaku dengan akhlaq yang baik dengan jalan berusaha dan berupaya untuk membiasakannya.
Untuk itu, Nabi Shallallahu 'alaihi wa Sallam berkata kepada Asyajj 'Abdul Qais:
إن فيك لخلقين يحبهما الله : الحلم والأناة
"Sesungguhnya dalam dirimu ada dua sifat yang Allah sukai; sifat santun dan tidak tergesa-gesa"
Ia berkata:
يا رسول الله , أهما خلقان تخلقت ما , أم جبلني الله عليهما
"Wahai Rasulullah, Apakah kedua akhlaq tersebut merupakan hasil usahaku, atau Allah-kah yang telah menetapkan keduanya padaku?"
Beliau menjawab:
بل جبلك الله عليهما
"Allahlah yang telah mengaruniakan keduanya padamu".
Kemudian ia berkata:
الحمد لله الذي جبلني على خلقين يحبهما ورسول
"Segala puji bagi Allah yang telah memberiku dua akhlaq yang dicintai oleh-Nya dan oleh Rasul-Nya".2)
Maka, hal ini menunjukan bahwa akhlaq terpuji dan mulia bisa berupa perilaku alami (yakni karunia dari Allah Subhanahu wa Ta'ala kepada hamba-Nya) dan juga dapat berupa sifat
yang dapat diusahakan atau diupayakan. Akan tetapi, tidak diragukan lagi bahwa sifat yang alami tentu lebih baik dari sifat yang diusahakan. Karena akhlaq yang baik jika bersifat alami akan menjadi perangai dan kebiasaan bagi seseorang. Ia tidak membutuhkan sikap berlebih-lebihan dalam membiasakannya.
Juga tidak membutuhkan tenaga dan kesulitan dalam menghadirkannya. Akan tetapi, ini adalah karunia dari Allah Subhanahu wa Ta'ala yang Ia diberikan kepada seorang hamba
yang dikehendaki oleh-Nya, barang siapa yang terhalang dari hal ini - yakni terhalang dari akhlaq tersebut secara tabiat alami, maka sangat mungkin baginya untuk memperolehnya dengan jalan berusaha dan berupaya untuk membiasakannya. Yaitu dengan cara membiasakan dan melakukannya terus-menerus.
Siapakah Yang Lebih Utama?
Dari sini timbul pertanyaan, yaitu: Siapakah yang lebih utama, seseorang yang telah dikaruniakan padanya akhlaq yang terpuji, dan seseorang yang bersungguh-sungguh berusaha dan berupaya agar dapat memperoleh akhlaq tersebut. Manakah di antara keduanya yang lebih tinggi kedudukannya?.
Maka, kami berkata sebagai jawaban dari pertanyaan ini:
Sesungguhnya tidak diragukan lagi, bahwa seseorang yang telah diberikan padanya akhlaq yang baik tentu lebih sempurna jika dilihat dari segi perilakunya yang memang sudah seperti itu, ataupun dilihat dari sisi telah tertanamnya akhlaq yang baik tersebut pada dirinya. Karena dia tidak akan merasa kepayahan dan kesulitan ketika menghadirkannya, dan juga tidak akan hilang darinya akhlaq tersebut meskipun ia berada dimanapun juga, karena memang akhlaq yang baik telah menjadi perangai dan tabiat aslinya.
Kapanpun engkau bertemu dengannya pasti akan mendapatinya baik akhlaqnya, dan dalam keadaan bagaimanapun juga engkau bertatap muka dengannya, pasti akan menemuinya terpuji perilakunya. Maka, dari sisi yang satu ini dia tentu lebih sempurna tanpa diragukan lagi.
Adapun yang satunya lagi, ia telah bersungguh-sungguh berjuang melawan dan melatih dirinya untuk dapat berperilaku baik. Maka, tidak diragukan lagi bahwa dia mendapat pahala dari sisi perjuangannnya dalam melawan dirinya, dan tentu saja dia lebih utama dari sisi yang ini. Akan tetapi bagaimanapun juga, jika ditinjau dari segi kesempurnaan akhlaq, tentu saja dia kurang sempurna dari figur yang pertama.
Adapun jika ada seseorang yang mendapatkan karunia tersebut kedua-keduanya, yaitu secara alami dan setelah berusaha dan berupaya, tentu saja dia akan lebih sempurna lagi. Jadi ringkasnya, seseorang dalam masalah ini terbagi menjadi empat golongan:
- Orang yang terhalang untuk mendapatkan akhlaq yang mulia, baik secara alami maupun dengan jalan usaha dan upaya.
- Orang yang terhalang dari hal tersebut secara alami, akan tetapi ia dapat berusaha untuk memilikinya.
- Orang yang dikaruniai keduanya.
- Orang yang mempunyai akhlaq secara alami, akan tetapi terhalang dari usaha dan upaya untuk memilikinya.
Dan tentu saja tidak diragukan lagi, bahwa golongan yang ketiga adalah yang paling utama, karena ia menyatukan antara keduanya dalam kemuliaan akhlaqnya3).
Semoga Alloh 'azzawajalla memudahkan kita untuk selalu berakhlak mulia dan menjadikannya jalan meraih tingginya kemuliaan di Surga-Nya kelak.
Wallohul musta'aan...
Notes:
- Al-Jami' fid du'ain Nafi' halaman 466-467.2). Dikeluarkan oleh Abu Daud, No (5225) di Kitaabul Adab, dan Ahmad (4 / 206). Imam Muslim hanya mengeluarkan bagian yang pertama saja, No (25 & 26) di Kitaabul Iimaan,juga oleh Imam Tirmidzi, No (2011) di Kitaabul Bir Wash Shilah.3). Ibnul Qayyim Rahimahullahu berpendapat bahwa semua akhlak mulia terlahir dari dua perkara: 1. Ke-khusyu'-kan, dan 2. Tingginya kemauan.
Beliau bertutur dalam kitabnya al-Fawaa-id, Hal (210 & 211): Adapun akhlak-akhlak yang mulia, seperti sabar, berani, adil, perangai yang baik, menjaga kesucian dari hal-hal haram dan memelihara diri darinya, dermawan, santun, suka memberi maaf, suka memberi ampun, rela menanggung beban, mengutamakan orang lain, mulianya diri dari segala perilaku yang hina-dina, rendah diri, rela menerima apa adanya, jujur, ikhlas, membalas kebaikan dengan semisalnya atau bahkan melebihkannya, menutup mata dari
kesalahan-kesalahan orang lain, tidak menyibukkan diri dari hal yang tidak ada manfaatnya, dan sikap hati yang selalu mengkritisi akhlak yang tercela dan yang semacamnya. Maka, semua akhlak yang terpuji tersebut tumbuh dari ke-kusyu'-kan dan tingginya kemauan. Dan Allahltelah mengabarkan tentang bumi ini, bahwasanya dahulunya bumi ini khusyu' atau tunduk, kemudian ia diguyur oleh air hujan lalu mulailah ia bergerak. Dan bertambahlah keindahan dan keelokannya. Begitulah pula keadaan manusia jika ia mendapat bagian dari taufiq atau hidayah-Nya.
Maraji:
- Majalah Al-Mawaddah Edisi 4/3
- Maakaarimal Akhlaaq oleh Faqihuz Zaman Muhammad bin Shalih al-'Utsaimin Rahimahullâhu wa Askanahu al-Jannah al-Fasîh diterjemahkan oleh Abu Musa Al-Atsari
Tidak ada komentar:
Posting Komentar