Berdasarkan pelajaran fikih tentang khitan dan adanya polemik dimasyarakat akan masalah ini ana ingin mengambil dari beberapa catatan ustadz dengan dalilnya semoga tidak menjadikan keraguan buat kita semua.
Bagi sebagian masyarakat khitan bagi anak laki-laki adalah sebuah
perkara yang sangat wajar. Namun tidak demikian dengan khitan wanita,
mereka masih menganggapnya tabu atau menjadi sebuah perkara yang sangat
jarang dilakukan, bahkan oleh sebagian kalangan khitan wanita adalah
tindakan kriminal yang harus dilarang, seperti yang diserukan oleh
gerakan feminisme, LSM-LSM asing, Population Council, PBB, WHO dan
lain-lainnya. Larangan khitan wanita juga diputuskan dalam Konferensi
Kaum Wanita sedunia di Beijing China (1995). Di Amerika Serikat dan
beberapa Negara Eropa, kaum feminis telah berhasil mendorong pemerintah
membuat undang-undang larangan sunat perempuan. Di Belanda, khitan pada
perempuan diancam hukuman 12 tahun. Pelarang khitan perempuan juga
pernah diterapkan di Negara Mesir yang nota benenya adalah Negara Islam.
( Muhammad Sayyid as-Syanawi, Khitan al-Banat baina as-Syar’I wa
at-Thibbi, hal. 92-95 ). Di Indonesia sendiri khitan wanita juga
dilarang secara legal, dengan alasan bahwa Indonesia tidak akan bisa
melepaskan diri dari ketentuan WHO, dan karena khitan wanita dinilai
bertentangan dengan HAM. Padahal mereka orang-orang Barat sengaja
melarang khitan wanita dengan tujuan agar para wanita Islam tidak
terkendalikan syahwat mereka, sehingga praktek perzinaan meluas dan
terjadi di mana-mana, dan ini telah terbukti.
Pengertian Khitan
Khitan secara bahasa diambil dari kata “ khotana “ yang berarti memotong. Khitan bagi laki-laki adalah memotong kulit yang menutupi ujung zakar, sehingga menjadi terbuka. Sedangkan khitan bagi perempuan adalah memotong sedikit kulit (selaput) yang menutupi ujung klitoris (preputium clitoris) atau membuang sedikit dari bagian klitoris (kelentit) atau gumpalan jaringan kecil yang terdapat pada ujung lubang vulva bagian atas kemaluan perempuan. Khitan bagi laki-laki dinamakan juga I’zar dan bagi perempuan disebut khafd.
Khitan secara bahasa diambil dari kata “ khotana “ yang berarti memotong. Khitan bagi laki-laki adalah memotong kulit yang menutupi ujung zakar, sehingga menjadi terbuka. Sedangkan khitan bagi perempuan adalah memotong sedikit kulit (selaput) yang menutupi ujung klitoris (preputium clitoris) atau membuang sedikit dari bagian klitoris (kelentit) atau gumpalan jaringan kecil yang terdapat pada ujung lubang vulva bagian atas kemaluan perempuan. Khitan bagi laki-laki dinamakan juga I’zar dan bagi perempuan disebut khafd.
HUKUM KHITAN
Yang paling rajih hukum khitan adalah wajib, ini yang ditujukkan oleh
dalil-dalil dan mayoritas pendapat ulama. Perintah Nabi Shallallahu
'alaihi wa sallam telah tsabit terhadap seorang laki-laki yang telah
ber-Islam untuk berkhitan. Beliau bersabda kepadanya :
أَلْقِ عَنْكَ شَعْرَ الْكُفِرِ وَاخْتَتِنْ
Buanglah darimu rambut kekufuran dan berkhitanlah".
Ini merupakan dalil yang paling kuat atas wajibnya khitan.
Berkata Syaikh Al-Albani dalam 'Tamamul Minnah hal 69 :
"Adapun hukum khitan maka yang tepat menurut kami adalah wajib dan ini merupakan pendapatnya jumhur seperti Imam Malik, Asy-Syafi'i, Ahmad dan pendapat ini yang dipilih oleh Ibnu Qayyim. Beliau membawakan 15 sisi pendalilan yang menunjukkan wajibnya khitan. Walaupun satu persatu dari sisi tersebut tidak dapat mengangkat perkara khitan kepada hukum wajib namun tidak diragukan bahwa pengumpulan sisi-sisi tersebut dapat mengangkatnya. Karena tidak cukup tempat untuk menyebutkan semua sisi tersebut maka aku cukupkan dua sisi saja:
أَلْقِ عَنْكَ شَعْرَ الْكُفِرِ وَاخْتَتِنْ
Buanglah darimu rambut kekufuran dan berkhitanlah".
Ini merupakan dalil yang paling kuat atas wajibnya khitan.
Berkata Syaikh Al-Albani dalam 'Tamamul Minnah hal 69 :
"Adapun hukum khitan maka yang tepat menurut kami adalah wajib dan ini merupakan pendapatnya jumhur seperti Imam Malik, Asy-Syafi'i, Ahmad dan pendapat ini yang dipilih oleh Ibnu Qayyim. Beliau membawakan 15 sisi pendalilan yang menunjukkan wajibnya khitan. Walaupun satu persatu dari sisi tersebut tidak dapat mengangkat perkara khitan kepada hukum wajib namun tidak diragukan bahwa pengumpulan sisi-sisi tersebut dapat mengangkatnya. Karena tidak cukup tempat untuk menyebutkan semua sisi tersebut maka aku cukupkan dua sisi saja:
- Firman Allah Ta'ala.
"Artinya : Kemudian Kami wahyukan kepadamu ; 'Ikutilah millahnya Ibrahim yang hanif" [An-Nahl : 123]
Khitan termasuk millah Ibrahim sebagaimana disebutkan dalam hadits Abu Hurairah yang telah lalu. Sisi ini merupakan hujjah yang terbaik sebagaimana kata Al-Baihaqi yang dinukil oleh Al-Hafidzh (10/281).
- Khitan termasuk syi'ar Islam yang paling jelas, yang dibedakan dengan seorang muslim dari seorang nashrani. Hampir-hampir tidak dijumpai dari kaum muslimin yang tidak berkhitan" [selesai ucapan Syaikh]"
Kami tambahkan sisi ke tiga yang menunjukkan wajibnya khitan. Al-Hafizh
menyebutkan sisi ini dalam 'Fathul Baari (10/417)' dari Imam Abu Bakar
Ibnul Arabi ketika ia berbicara tentang hadits : "Fithrah itu ada lima ;
khitan, mencukur rambut kemaluan ....". Ia berkata :
"Menurutku kelima perkara yang disebutkan dalam hadits ini semuanya
wajib. Karena seseorang jika ia meninggalkan lima perkara tersebut tidak
tampak padanya gambaran bentuk anak Adam (manusia), lalu bagaimana ia
digolongkan dari kaum muslimin" (Selesai ucapan Al-Imam)"
Hukum khitan ini umum bagi laki-laki dan wanita, hanya saja ada sebagian
wanita yang tidak ada pada mereka bagian yang bisa dipotong ketika
khitan yaitu apa yang diistilahkan klitoris (kelentit). Kalau demikian
keadaannya maka tidak dapat dinalar bila kita memerintah mereka untuk
memotongnya padahal tidak ada pada mereka.
Berkata Ibnul Hajj dalam Al-Madkhal (3/396) :
"Khitan diperselisihkan pada wanita, apakah mereka dikhitan secara
mutlak atau dibedakan antara penduduk Masyriq (timur) dan Maghrib
(barat). Maka penduduk Masyriq diperintah untuk khitan karena pada
wanita mereka ada bagian yang bisa dipotong ketika khitan, sedangkan
penduduk Maghrib tidak diperintah khitan karena tidak ada bagian
tersebut pada wanita mereka. Jadi hal ini kembali pada kandungan ta'lil
(sebab/alasan)".
Para ulama sepakat bahwa khitan wanita secara umum ada di dalam
Syari’at Islam. (al-Bayan min Al Azhar as-Syarif: 2/18) Tetapi mereka
berbeda pendapat tentang satatus hukumnya, apakah wajib, sunnah, ataupun
hanya anjuran dan suatu kehormatan. Hal ini disebabkan dalil-dalil yang
menerangkan tentang khitan wanita sangat sedikit dan tidak tegas,
sehingga memberikan ruangan bagi para ulama untuk berbeda pendapat.
Diantara dalil-dalil tentang khitan wanita adalah sebagai berikut :
- Hadist Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, bahwasanya Rosulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:
خَمْسٌ مِنْ الْفِطْرَةِ الْخِتَانُ وَالِاسْتِحْدَادُ وَنَتْفُ الْإِبْطِ وَتَقْلِيمُ الْأَظْفَارِ وَقَصُّ الشَّارِبِ
“Lima hal yang termasuk fitroh yaitu: khitan, mencukur bulu kemaluan, mencabut bulu ketiak, memotong kuku dan memotong kumis.” [Dikeluarkan oleh Al-Bukhari (6297 - Fathul Bari), Muslim (3/257 - Nawawi), Malik dalam Al-Muwatha (1927), Abu Daud (4198), At-Tirmidzi (2756), An-Nasa'i (1/14-15), Ibnu Majah (292), Ahmad dalam Al-Musnad (2/229) dan Al-Baihaqi (8/323)]
Bagi yang mewajibkan khitan wanita mengatakan bahwa arti “ fitrah “ dalam hadist di atas perikehidupan yang dipilih oleh para nabi dan disepakati oleh semua Syari’at, atau bisa disebut agama, sehingga menunjukkan kewajiban. Sebaliknya yang berpendapat sunnah mengatakan bahwa khitan dalam hadist tersebut disebut bersamaan dengan amalan-amalan yang status hukumnya adalah sunnah, seperti memotong kumis, memotong kuku dan seterusnya, sehingga hukumnya-pun menjadi sunnah.
- Sabda Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam:
“Bila telah bertemu dua khitan (khitan laki-laki dan wanita dalam jima’-pent) maka sungguh telah wajib mandi (junub)” [Shahih, Dikeluarkan oleh At-Tirmidzi (108-109), Asy-Syafi'i (1/38), Ibnu Majah (608), Ahmad (6/161), Abdurrazaq (1/245-246) dan Ibnu Hibban (1173-1174 - Al Ihsan)]
Kelompok yang berpendapat wajib mengatakan bahwa hadist di atas menyebut dua khitan yang bertemu, maksudnya adalah kemaluan laki-laki yang dikhitan dan kemaluan perempuan yang dikhitan. Hal ini secara otomatis menunjukkan bahwa khitan wanita hukumnya wajib. Sedangkan bagi yang berpendapat khitan wanita adalah sunnah mengatakan bahwa hadist tersebut tidak tegas menyatakan kewajiban khitan bagi perempuan. (Asy Syaukani, Nailul Author : 1/147)
- Hadist Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, bahwasanya Rosulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda kepada kepada Ummu ‘Athiyah (wanita tukang khitan):
اخْفِضِي، وَلا تُنْهِكِي، فَإِنَّهُ أَنْضَرُ لِلْوَجْهِ، وَأَحْظَى عِنْدَ الزَّوْجِ
“Apabila engkau mengkhitan wanita potonglang sedikit, dan janganlah berlebihan (dalam memotong bagian yang dikhitan), karena itu lebih bisa membuat ceria wajah dan lebih menyenangkan (memberi semangat) bagi suami.” [Shahih, Dikeluarkan oleh Abu Daud (5271), Al-Hakim (3/525), Ibnu Ady dalam Al-Kamil (3/1083) dan Al-Khatib dalam Tarikhnya 12/291)]
“Bagi yang mewajibkan khitan wanita, menganggap bahwa hadist di atas derajatnya ‘Hasan’, sedang yang menyatakan sunnah atau kehormatan wanita menyatakan bahwa hadist tersebut lemah.
- Riwayat Aisyah Radhiyallahu ‘anha secara marfu’:
“Artinya : Jika seorang lelaki telah duduk di antara cabang wanita yang empat (kinayah dari jima, -pent) dan khitan yang satu telah menyentuh khitan yang lain maka telah wajib mandi (junub)” [Dikeluarkan oleh Al-Bukhari (1/291 - Fathul Bari), Muslim (249 - Nawawi), Abu Awanah (1/269), Abdurrazaq (939-940), Ibnu Abi Syaibah (1/85) dan Al-Baihaqi (1/164)]
Hadits ini juga mengisyaratkan dua tempat khitan yang ada pada lelaki dan wanita, maka ini menunjukkan bahwa wanita juga dikhitan.
Berkata Imam Ahmad : “Dalam hadits ini ada dalil bahwa para wanita dikhitan” [Tuhfatul Wadud].
- “ Khitan itu sunnah bagi laki-laki dan kehormatan bagi wanita. “ (HR. Ahmad dan Baihaqi)
Ini adalah dalil yang digunakan oleh pihak yang mengatakan bahwa khitan wanita bukanlah wajib dan sunnah, akan tetapi kehormatan. Hadist ini dinyatakan lemah karena di dalamnya ada perawi yang bernama Hajaj bin Arthoh.
Dari beberapa hadist di atas, sangat wajar jika para ulama berbeda
pendapat tentang hukum khitan wanita. Tapi yang jelas semuanya
mengatakan bahwa khitan wanita ada dasarnya di dalam Islam, walaupun
harus diakui bahwa sebagian dalilnya masih samar-samar. Perbedaan para
ulama di atas di dalam memandang khitan wanita harus disikapi dengan
lapang dada, barangkali di dalam perbedaan pendapat tersebut ada
hikmahnya, diantaranya bahwa keadaan organ wanita (klitorisnya) antara
satu dengan yang lainnya berbeda-beda. Bagi yang mempunyai klitoris yang
besar dan mengganggu aktivitasnya sehari-hari dan mebuatnya tidak
pernah tenang karena seringnya kena rangsangan dan dikhawatirkan akan
menjeremuskannya ke dalam tindakan yang keji seperti berzina, maka bagi
wanita tersebut khitan adalah wajib. Sedang bagi wanita yang klitoris
berukuran sedang dan tertutup dengan selaput kulit, maka khitan baginya
sunnah karena akan menjadikannya lebih baik dan lebih dicintai oleh
suaminya sebagaimana yang dijelaskan dalam hadist diatas, sekaligus
akan membersihkan kotoran-kotoran yang berada dibalik klistorisnya.
Adapun wanita yang mempunyai klitoris kecil dan tidak tertutup dengan
kulit, maka khitan baginya adalah kehormatan. ( Ridho Abdul Hamid,
Imta’ul Khilan bi ar-Raddi ‘ala man Ankara al-Khitan, hal. 21-22 )
Hendaklah diketahui bahwa pengkhitanan wanita adalah perkara yang ma'ruf
(dikenal) di kalangan salaf. Siapa yang ingin mendapat tambahan
kejelasan maka silahkan melihat 'Silsilah Al-Hadits Ash-Shahihah (2/353)
karena di sana Syaikh Al-Albani -semoga Allah memberi pahala pada
beliau- telah menyebutkan hadits-hadits yang banyak dan atsar-atsar yang
ada dalam permasalahan ini.
Praktek Khitan di Masyarakat Dunia
Di tengah-tengah masyarakat, khitan wanita dilakukan dengan beberapa cara, diantaranya adalah :
- Memotong sedikit kulit (selaput) yang menutupi ujung klistoris (preputium clitoris). Cara ini dianjurkan dalam Islam, karena akan membersihkan kotoran-kotoran putih yang bersembunyi di balik kulit tersebut atau menempel di bagian klistorisnya atau yang sering disebut ( smegma ), sekaligus akan membuat wanita tidak frigid dan bisa mencapai orgasme ketika melakukan hubungan seks dengan suaminya, karena klistorisnya terbuka. Bahkan anehnya di sebagian Negara-negara Barat khitan perempuan semacam ini, mulai populer. Di sana klinik-klinik kesehatan seksual secara gencar mengiklankan clitoral hood removal (membuang kulit penutup klitoris).
- Menghilangkan sebagian kecil dari klistoris, jika memang klistorisnya terlalu besar dan menonjol. Ini bertujuan untuk mengurangi hasrat seks wanita yang begitu besar dan membuatnya menjadi lebih tenang dan disenangi oleh suami.
- Menghilangkan semua klitoris dan semua bagian dari bibir kemaluan dalam (labium minora). Cara ini sering disebut infibulation Ini dilarang dalam Islam, karena akan menyiksa wanita dan membuatnya tidak punya hasrat terhadap laik-laki. Cara ini sering dilakukan di Negara-negara Afrika, begitu juga dipraktekan pada zaman Fir’aun, karena mereka mengira bahwa wanita adalah penggoda laki-laki maka ada anggapan jika bagian klitoris wanita di sunat akan menurunkan kadar libido perempuan dan ini mengakibatkan wanita menjadi frigid karena berkurangnya kadar rangsangan pada klitoris.
- Menghilangkan semua klistoris, dan semua bagian dari bibir kemaluan dalam (labium minora), begitu juga sepasang bibir kemaluan luar (labium mayora). Ini sering disebut clitoridectomy (pemotongan klitoris penuh ujung pembuluh saraf) Ini juga dilarang dalam Islam, karena menyiksa wanita.
Dalam sebuah penelitian disebutkan bahwa 97,6 % khitan di Mesir merujuk
kepada model kedua, dan 1,6 % merujuk pada model pertama. Sedang model
ketiga/ keempat hanya 4 % saja. (DR. Maryam Ibrahim Hindi , Misteri
dibalik Khitan Wanita, hal 17 dan 101)
Di Indonesia sendiri praktek khitan pada wanita sering kali salah
dalam tekniknya, karena cuma dilakukan secara simbolis dengan sedikit
menggores klitoris sampai berdarah, atau menyuntik klitoris, atau bahkan
hanya menempelkan kapas yang berwarna kuning pada klistoris, atau
sepotong kunyit diruncingkan kemudian ditorehkan pada klitoris anak,
bahkan di daerah tertentu di luar Jawa, ada yang menggunakan batu
permata yang digosokkan ke bagian tertentu klitoris anak. Itu semua
hakekatnya tidak atau belum dikhitan.
Hikmah Pengkhitanan Wanita
Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah berkata, “Hikmah khitan bagi laki-laki
adalah mensucikan mereka dari najis yang tertahan pada kulup kemaluan.
Sedangkan hikmah khitan bagi wanita adalah untuk menyederhanakan
syahwatnya, sesungguhnya kalau tidak wanita tidak dikhitan maka
syahwatnya akan menggejolak.” (Fatawa Al-Kubra, I/273).
Beliau –rahimahullah- juga berkata, “Hendaknya wanita juga dikhitan,
yaitu dengan cara memotong sedikit kulit bagian atas kemaluannya yang
menyerupai cengger ayam (klitoris).”
Hukum khitan bagi wanita yang sudah dewasa
Pertama mengenai hukum khitan bagi wanita ada perbedaan pendapat.
Namun berdasarkan kritik dan dalil-2 yg ada, maka hitan itu wajib bagi
laki-laki dan perempuan.
Dan ini merupakan pendapat mazhab Syafi’iyah, Hanafiah dan sebagian
Malikiyah رحمه الله, dan juga dari ulama terkemuka dewasa ini, seperti
pendapat Syaikh al Albani. [ Silahkan rujuk pada Al Majmu' - Nawawi, Al
Inshaf - al Mardawi, al Mubdi' - Ibnu Muflih, Al Qawanin al Fiqhiyah,
Tharhut Tastrib, dan Tamamul Minnah syaikh al-Albani]
Hadits ‘Utsaim bin Kulaib, dari ayahnya, dari kakeknya, bahwa dia
datang menemui Rasulullah صلى الله عليه وسلم dan berkata: “Aku telah
masuk Islam,” Maka Nabi bersabda,”Buanglah darimu rambut kekufuran dan
berkhitanlah.” – Hadits hasan riwayat Imam Ahmad dan Abu Dawud
Sabda beliau صلى الله عليه وسلم ((berkhitanlah)) adalah ‘amr yaitu
perintah. Dan ‘amr/perintah, hukum asalnya adalah wajib, dan ini
menunjukkan wajibnya berkhitan.
Dan sabda Rasulullah صلى الله عليه وسلم : ((Barangsiapa masuk Islam,
maka berkhitanlah, sekalipun sudah dewasa)) – Hadits ini disebutkan oleh
Ibnul Qayyim رحمه الله dan beliau berkata: “Hadits ini, sekalipun
mursal, tetapi layak digunakan untuk penguat”. Lihat Tuhfatul Maudud
Sabda Beliau صلى الله عليه وسلم : ((Barangsiapa yang masuk Islam)) merupakan lafadz yg umum, mencakup laki-laki dan perempuan.
Maka berdasarkan dalil tersebut, wajib seseorang walaupun sudah dewasa mengusahakan dengan semampunya untuk berkhitan.
Dan diperbolehkan membuka aurat ketika berkhitan. Jika khitan bukan
merupakan hal yang wajib, niscaya tidak diperbolehkan karena hal itu
bukan hal yang bersifat darurat dan bukan pula untuk berobat. – Fathul
Bari
Kedua, ada empat keadaan seseorang tidak perlu dikhitan dan telah jatuh kewajiban terhadap dirinya.
- Seseorang yang dilahirkan dalam keadaan sudah berkhitan. Orang seperti ini tidak perlu dikhitan kembali – Tuhfatul Maudud, Ibnul Qayyim
- Jika seseorang tidak tahan menahan rasa sakit ketika berkhitan, sebab sakit atau sudah tua, dan lain sebagainya. Ditakutkan terhadap dirinya kebinasaan dan kelemahan tersebut berlanjut, maka dalam keadaan seperti ini, ia diperkenankan untuk tidak berkhitan.
- Seseorang masuk Islam ketika sudah dewasa, dan dia takut binasa karenanya; maka hukum khitan jatuh darinya menurut jumhur.
- Seseorang yang meninggal, sedangkan ia belum berkhitan, maka tidak perlu dikhitankan, karena khitan disyariatkan ketika seseorang masih hidup, dan itu telah hilang dengan kematian, maka tidak ada mashlahat untuk mengkhitannya. – Tuhfatul Maudud, Ibnul Qayyim
Allahu a’lam
Ini ana kutip dari beberapa :
- http://www.almanhaj.or.id,
- www.ahmadzain.com
- www.mui.or.id
- http://islamdiariesgroup.wordpress.com
Semoga bermanfaat.
catatan : Kalau tidak khitan alasan yang syariat jauh lebih baik agar kita selamat nantinya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar